Saturday, September 1, 2012

Jengkel Dengan Leletnya Koneksi Internet?

Assalamualaikum  sodara sodari,,
Gimana kabarnya? Hehehehe...
Curhat sekilas ini, ternyata 8 bulan gak ngeblog itu ada rasa sesuatu ya. Sekarang sebenernya ada beberapa artikel yang mau dipost, tapi belum selesai semua, maklum lah, anak sibuk. Bayangin aja, pagi kuliah, pulang tidur, bangung-bangun udah waktu kuliah lagi, kwwkkwkkw...

Jadi gini loh,
Diriku punya tips buat kita yang suka digentayangi Siputing Connection (Koneksi Siput), hahahhaa..
Nah, tips ini menurut pengalaman diriku pribadi yang punya koneksi istimewa, ya sekitar 15KB/s lah...
Kebayang kan, koneksi segitu cepetnya, trus digentayangin koneksi siput. Paling-paling ya banting mouse, mencet F5 berkali-kali, padahal itu gak pengaruh sama peningkatan koneksi. capek deeh..

Trus, gimana caranya mengatasinya?
Yup, ini ada beberapa tips yang bisa kalian pakai..

Pakai modem yang cepet

Hmmmm.. Kalau yang ini kayaknya udah umum ya.. Secara rumus matematika, ini tuh berbanding lurus. Ingin koneksi dewa, ya modem yang dewa juga. Cuma, yang jadi masalah itu, pasti kalo udah kena yang namanya harga. Kalau angkanya udah berbaris panjang dan rapi, ya ada kemungkinan untuk menunda niat suci kita. Hehehhee...

Otak atik konfigurasi browser

Nah, yang kedua ini kita harus setting browser kita. Contohnya, kalau kita pakai browser Firefox, di addressbar, kita tulis “about:config” (gak pake tanda petik), trus enter. Nanti bakal muncul konfigurasi yang disediakan browser.
Perlu diingat bahwa perubahan nilai yang dilakukan mungkin sangat berperngaruh pada kinerja browser. Jadi, harap hati-hati nih kalau mau action pake cara kedua ini.

Otak atik konfigurasi modem (exception)

Kenapa ada exception? Karena bagian ini gak aku praktekin sendiri, dapet ilmu dari temen. Ceritanya temenku itu pake modem SM*RT (diriku pakai FL*XY). Yang di utek-utek sama dia itu bagian username sama passwordnya untuk login/connect. Ternyata berhasil loh, transfer-rate nya bisa naik.

Pakai add-ons/extension bantuan

Kalau untuk add-ons atau extension sih ada banyak kg, tergantung keperluan. Misal pake Firefox, itu ada add-ons yang namanya Fasterfox. Fungsinya? Ya jelas biar load halamannya lebih cepet. Oiya, ada juga kan website yang banyak iklan-iklan di seluruh penjuru. Contohnya seperti ini..
Itu juga bisa membuat lamanya halaman berhasil di load. Untuk mengatasinya bisa pake AdBlock. Tersedia untuk Firefox atau Chrome. Nanti hasilnya seperti ini..
 
Nah, lebih bersih kan? hehehehe..

Pakai versi mobile

Versi mobile? Ya, kenapa enggak? Ini sih biasanya kalau diriku lagi main di Facebook. Secara default, kalo kita ketik facebook.com, pasti masuknya ke www.facebook.com. Kita tau kan kalau situs ini ada versi mobilenya. Kalau terjebak lelet, ketik aja m.facebook.com. Nanti akan tampil facebook versi mobile, yang kayak di hape itu loh. Tapi meskipun kayak tampilan hape, gk kalah cakep kog tampilannya, nih contoh kalau buka dari Firefox, kalau dari Chrome? coba aja..


 

Disable browser untuk memuat gambar

Ini adalah cara browsing tapi gak pake gambar. Jadi, halamannya cepet di load dengan normal, cuma gambarnya hilang. Ya kita tau lah, gambar itu lebih berat dari sekumpulan teks. Gimana caranya? Kalau dari Chrome, masuk aja ke bagian Settings >> Under the Hood. Trus klik Content Setting di bagian Privacy. Trus di bagian Images, pilih Do Not Show Any Images. Kalau dari Firefox, masuk ke Tools >> Option (Windows) atau Edit >> Preferences (Ubuntu). Trus, dibagian Content, hapus centang Load images automatically. Hasilnya something like this..
Secara penataan konten tetap rapi kog, cuma gambarnya aja yang hilang
Trik ini tampaknya gak berguna bagi kalian yang suka baca manga online. Ya apa yang mau dibaca kalau gambarnya gak ada. Hahahahaha...

Pakai browser Lynx

Apa itu Lynx? Lynx adalah browser non grafik untuk sistem UNIX dan DOS. Jadi, Lynx ini jalannya di Terminal, mirip command prompt nya Windows. Secara tampilan ya aneh juga, tapi seru loh, coba aja..



Yup,
itulah beberapa tips yang bisa aku bagikan. Semoga bisa bermanfaat.
Sampai jumpa..
Wassalamualaikum..

*pembaca yang baik akan meninggalkan jejak, hehehe..*

2 comments:

  1. Blog walking....
    kunjungi juga ya bos http://arifegaforever.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. hahaha...
    makasih udah mampir boz...
    saatnya menuju TKP,, kwkkwk

    ReplyDelete